Main Article Content

Abstract

Fitur GoFood yang disediakan oleh Go-jek adalah layanan pesan-antar (delivery) yang disediakan Go-jek untuk membelikan dan mengantarkan makanan kepada penggunanya. Go-jek dengan persaiangan yang ketat terutama dengan pesaing terkuatnya yaitu Grab-food memiliki kelebihan seperti kelengkapan jenis restoran yang tersedia dibanding applikasi lainnya atau serupa. Keberhasilan GoJek dalam memberikan layanan pesan antar makanan terbilang sukses dengan jumlah konsumen dan patner pemilik usaha yang terbilang banyak. Kualitas pelayanan menjadi salah satu unsur terpenting untuk memperoleh kepuasan konsumen.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi adalah mahasiswa pengguna aplikasi Go-food pada Go-jek di Institut Stiami Kampus Bekasi B yang menggunakan aplikasi Go-food pada Go-jek. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, kemudian data diolah dengan menggunakan alat uji analisis statistik SPSS 21.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh kualitas pelayanan food delivery pada Gojek terhadap kepuasan pelanggan dari Mahasiswa Institut Stiami Kampus Bekasi B.  Besarnya pengaruh kualitas pelayanan food delivery pada Gojek terhadap kepuasan pelanggan dari Mahasiswa Institut Stiami Kampus Bekasi B sebesar 70,0%. 

Article Details

How to Cite
Vikaliana, R., Astusti, W. H., Nurhasanah, S., & Irwansyah, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food Delivery pada Gojek terhadap Kepua-san Pelanggan Studi pada Mahasiswa Institut Stiami . Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 2(2), 142-146. Retrieved from http://jurnaljesi.com/index.php/jurnaljesi/article/view/83

References

Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, and Rolph E. Anderson. 2013. “Multivariate Data Anal-ysis.” Vectors.
Hutabarat, D. (2020, Januari 12). Oknum Driver Gojek Diduga Tipu Pemesan Go Food Hingga Rp 9 Juta. Retrieved from liputan6.com: https://www.liputan6.com/news/read/4153892/oknum-driver-gojek-diduga-tipu-pemesan-go-food-hingga-rp-9-juta#
Indriantoro,Nur dan Bambang Supomo. (2011), Metod-ologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Ma-najemen, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta
Kotler, P., & Amstrong., G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, T., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Kepu-tusan Pembelian Menggunakan Online Food De-livery Service. Jurnal Ekonomi & Manajemen Uni-versitas Bina Sarana Informatika, 176-180.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building. New York: Wiley.
Vikaliana, Resista dan Irwansyah. (2019).Pengolahan Data Dengan SPSS(Publish).Banten:AA.
Wang, Y., & Lo, H.-P. (2020). Service Quality, Customer Satisfaction and Behavior Intentions Evidence From China;s Telecommunication Industry. Info, 50-60.